Apa Kegunaan dan Manfaat Kartu Tani ?

Tugas input 2 09 November 2017 08:32:05 WIB

BANJAREJO (SIDA)-Akhir-akhir ini para petani di wilayah Desa Banjarejo sedang ramai dengan perbincangan mengenai KARTU TANI, apa itu kartu tani ? apa kegunaannya ? dan apa manfaat yang diperoleh para petani? Pertanyaan seperti itu sering kali dilontarkan oleh para petani kepada para Bapak / Ibu Dukuh ataupun ketua Kelompok Tani masing-masing padukuhan.

Sebenarnya dari pihak PPL Kecamatan Tanjungsari telah memberikan sosialisasi kepada masing-masing padukuhan mengenai program pemerintah ini, namun karena keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman para petani hal tersebut ternyata belum memberikan kejelasan yang pasti kepada para petani.

Walaupun sekarang sudah sebagian kartu tani telah didistribusikan namun masih banyak para penerima kartu yang belum mengetahui pasti kegunaan dari kartu tersebut. Kartu tani adalah kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah yang Tujuan utamanya adalah agar pupuk yang disubsidi pemerintah bisa sampai kepada target utamanya yaitu para petani, dan juga para petani bisa memperoleh jatah pupuk bersubsidi sesuai dengan luas lahan garapannya.Selain itu, melalui kartu tani ini penyerapan dan distribusi pupuk bisa lebih terpantau.

Penggunaan kartu tani untuk pembelian pupuk bersubsidi ini nantinya akan mulai dilaksanakan pada tahun 2018. Untuk mekanisme dan prosedur pembeliannya, akan disediakan agen khusus yang nantinya akan memberikan pelayanan jual beli pupuk bersubsidi dengan menggunakan mesin EDC. Jadi, para petani tidak perlu bingung untuk masalah pembeliannya.

Semoga dengan  program ini, nantinya tidak ada lagi kelangkaan pupuk bersubsidi dan kesejahteraan petani dapat lebih meningkat.

Komentar atas Apa Kegunaan dan Manfaat Kartu Tani ?

masupri 09 November 2017 20:39:41 WIB
Maturnuwun, semoga tahun depan pupuk tidak lagi langka dan kesejahteraan petani lebih meningkat. amin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung