Tumpengan dan Muduk Ingkung di Malam Tirakatan Hari Jadi DIY ke 269

Admin -S- 12 Maret 2024 22:59:18 WIB

BANJAREJO (SIDA) –Selasa (12/03/2024) bertempat di pendopo Balai Kalurahan Banjarejo, dilaksanakan acara malam tirakatan hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke 269. Malam tirakatan tersebut dimulai pada pukul 21.00 WIB dan dilaksanakan serentak oleh seluruh Kalurahan dan Kelurahan yang ada di Yogyakarta secara daring melalui media zoom.

Tema dari acara tirakatan tersebut benar-benar menggambarkan Yogyakarta yang sesungguhnya. Seluruh peserta diwajibkan menggunakan pakaian adat Yogyakarta berupa ageman jangkep gagrak ngayogyakarta, sajian hidangan makanan berupa tumpeng dan wuduk ingkung, serta pemandu acara menggunakan bahasa jawa kromo.

Dalam acara malam tirakatan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah pembacaan doa, penjabaran dan penjelasan tentang asal mula berdirinya Daerah Istimewa Yogyakarta, Penampilan Tari, serta pemotongan tumpeng secara simbolis olwh wakil Gubernur daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedepannya, diharapkan semakin banyak acara serupa yang dapat dilaksanakan secara serentak oleh Kalurahan dan Kelurahan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Supaya rasa Handarbeni atau memiliki serta menghargai tradisi, budaya dann kearifan local yang ada semakin meningkat bagi para Pamong Kalurahan khususnya serta bagi masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung